Sabtu, 21 Mei 2011

Dampak Positif dan Negatif dari Sinar UV



     Sinar matahari termasuk unsur yang penting buat menunjang kesehatan, karena sinar matahari merupakan antibiotik alami. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk kulit karena mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
 Tapi sinar matahari juga punya sisi negatif, loh. pakar kulit dan kelamin, Inne Arline SpKK di Bandung, mengatakan salah satu dampak yang merugikan bagi kulit manusia adalah munculnya penuaan dini yang diakibatkan terkena sinar ultraviolet (UV) yang terus-menerus. Tetapi tidak semua sinar ultraviolet dapat merusak jaringan kulit manusia, tergantung dari rentang panjang dan gelombang energi yang dimunculkan sehingga kerusakan yang ditimbulkan terjadi dalam beberapa tahap.
     Ada tiga jenis ultraviolet (UV) yang berbahaya buat kulit, yaitu UV-A, UV-B dan UV-C, dan yang paling berbahaya adalah UV-A dan UV-B. Ultraviolet C atau UV-C yang mempunyai panjang gelombang kurang dari 290nm masih dapat tersaring lapisan ozon sehingga masuk kategori no worry terhadap kerusakan kulit. Panjang gelombang UV-C, Infrared dan visible tidak dapat diukur langsung oleh manusia sehingga sering kali sinar yang menerpa kulit kita dapat diabaikan.
     Berhati-hatilah jika UV-B dan UV-A telah menyapa kulit manusia dengan kekuatan panjang gelombang dan energi sebesar 290nm-320nm dan 320nm-400nm. UV-A yang panjang gelombangnya 320nm-400nm bisa menembus sampe lapisan dalam dermis. Selain merupakan penyebab pertama kanker kulit, juga bisa merusak kolagen dan elastin yang menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Sedangkan sinar UV-B yang panjang gelombangnya 290nm-320nm itu dapat menembus sampai lapisan epidermis dan bagian atas dermis, sehingga bisa menyebabkan kulit jadi terbakar, pedih, kemerahan, kelainan pigmentasi dan timbulnya bermacam-macam jenis kanker kulit.

     UV-A dan UV-B tersebut terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia sehingga perempuan khususnya diharapkan lebih berhati-hati dan menjaga kelembaban kulitnya. Ketua Umum perhimpunan Dokter spesialis kulit dan Kelamin Indonesia diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan kulit dan berbagai macam kosmetika yang dapat digunakan di daerah tropis. Ia menyarankan body lotion wajib dioleskan pada kulit seusai mandi dan beberapa jam sekali jika telah lama berada di ruang ber-AC. Selain itu, menjaga kecukupan air yang masuk ke dalam tubuh juga dapat dipercaya sebagai salah satu upaya menjaga kelembaban kulit. Selain ultraviolet, polusi udara, asap rokok, petisida, asap industri, konsumsi alkohol dan nutrisi yang buruk juga dapat menjadi salah satu pendorong penuaan dini.

Cara Mencegah
     Gosong, kusam dan keriput, adalah tiga masalah kulit yang dihindari siapa pun, terutama kaum wanita. Tapi dengan kenyataan hidup di negara tropis dan berpolusi, terkadang pesimisme lebih dulu datang sebelum mencoba. Tapi jangan sedih. Tak ada yang tak mungkin kalau disertai perawatan rutin yang baik. Nah, untuk mencegah kerusakan kulit tersebut, bisa memakai tabir surya (sunscreen atau sunblock) yang kandungan bahan kimianya sedikit, antara 5-7%. Tabir surya ini dapat menghalangi sinar matahari dengan cara menyerap atau memantulkan sinar, jadi tidak mengenai lapisan kulit di dalamnya.
     Ada dua bahan pembentuk tabir surya yang direkomendasikan para ahli kulit, yang dikemas dalam produk-produk kecantikan, yaitu yang mengandung sinamat (cinnamate yang dapat menyerap sinar matahari) dan titanium (yang dapat menangkal sinar matahari). Dua-duanya berguna melindungi tubuh dari sengatan UV-A dan UV-B. Titanium juga direkomendasikan buat anak-anak dibawah 12 bulan.
    Para ahli menyarankan untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 tiap kali beraktivitas. Kalau kegiatannya normal, cukup sekali saja saat mau berangkat. Tapi kalau berencana menghabiskan waktu di luar ruangan cukup lama, oleskan sunscreen setidaknya dua jam sekali.

                                                                                        
*Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog